Peta Jagat Raya

perbandingan bumi, matahari dan proxima

Gambar diatas adalah perbandingan besar Matahari (bola merah) dengan besar bumi dan planet-planet lainnya. Maka marilah kita mulai membandingkan dengan benda-benda langit lainnya. Bintang terdekat dengan Matahari yaitu Proxima Alpha Centauri adalah 7.000 kali lebih jauh daripada tepi tata surya kita. Peta diatas menunjukkan bintang-bintang terdekat dan bintang Procyon berjarak 12,5 ly dari kita.

1 ly / 1 lightyear = jarak satu tahun cahaya = 300.000 Km x 60 x 60 x 24 x 356 = 9.227.520.000.000 KM = 9,2 triliun Km ( bila kecepatan cahaya = 300.000 km/detik). Jika kita melihat bintang yang berjarak 1 tahun cahaya, berarti kita sedang melihat fisik bintang pada masa 1 tahun yang lalu, dengan kata lain cahaya bintang tersebut akan tiba di mata kita satu tahun kemudian.

Pada malam hari ada medan di langit dari 1500 buah bintang yang paling terang dalam jarak 250 tahun cahaya. Semua bintang-bintang ini jauh lebih terang daripada Matahari dan sebagian besar dari mereka dapat dilihat dengan mata telanjang. Sekitar sepertiga dari bintang-bintang terlihat dengan mata telanjang terletak dalam jarak 250 tahun cahaya, meskipun ini hanya bagian kecil dari galaksi BIMA SAKTI (Milky Way Galaxy).

galaxy milky way 415x313

Matahari terletak di Lengan Orion – lengan yang cukup kecil dibandingkan dengan Lengan Sagitarius, yang terletak lebih dekat ke pusat galaksi. Peta menunjukkan beberapa bintang terlihat dengan mata telanjang yang terletak jauh di dalam lengan Orion.

Kelompok yang paling terkenal dari bintang-bintang di sini adalah rasi utama Orion dari mana lengan spiral mendapatkan namanya. Semua bintang-bintang ini bintang raksasa dan bintang super-raksasa, ribuan kali lebih terang dari Matahari. Bintang yang paling terang pada peta adalah Rho Cassiopeia – jarak kepada kita 4.000 tahun cahaya, ia adalah bintang yang terlihat redup dengan mata telanjang, tetapi dalam kenyataannya adalah bintang super-raksasa dengan cahaya 100 000 kali lebih terang dari Matahari.

Alam semesta dalam bentangan 100.000 tahun cahaya adalah galaksi Bima Sakti. Sebuah galaksi spiral dari setidaknya ada dua ratus milyar bintang. Matahari kita terkubur jauh di dalam lengan Orion sekitar 26 000 tahun cahaya dari pusat galaxy. Menjelang tengah-tengah Galaxy bintang-bintang yang dikelompokkan bersama-sama lebih dekat daripada tata surya di mana kita hidup. Perhatikan juga adanya gugus bola kecil bintang-bintang yang terletak dengan baik di luar bidang Galaxy, dan perhatikan juga keberadaan galaksi kerdil di dekatnya – Sagitarius kerdil– yang perlahan-lahan ditelan oleh galaksi kita sendiri.

Meskipun Bima Sakti hanyalah satu dari miliaran galaksi di alam semesta, Galaxy Bima Sakti memiliki makna khusus bagi manusia sebagai kediaman dari tata surya kita. Sebagai panduan untuk skala fisik relatip Bima Sakti, apabila galaksi diperkecil menjadi 130 km (80 mil) diameternya, maka tata surya akan menjadi hanya 2 mm (0,08 inchi) lebarnya.

Bima Sakti ( Milky Way) dikelilingi oleh beberapa galaksi kerdil yang berisi beberapa puluh juta bintang, yang tidak signifikan bila dibandingkan dengan jumlah bintang-bintang di Bima Sakti itu sendiri. Peta ini menunjukkan galaksi kerdil terdekat, mereka semua terikat gravitasi Bima Sakti yang memerlukan waktu milyaran tahun untuk mengorbit. Dan apabila kita bisa melihat sebuah bintang berjarak 10.000 tahun cahaya, itu berarti kita melihat bintang tersebut pada masa 10.000 tahun yang lalu. Jadi berarti juga kita masih bisa melihat bintang tersebut apabila ia sudah lenyap karena suatu hal beberapa ribu tahun yang lalu, karena cahayanya masih dalam perjalanan menuju kearah kita.

Tata Surya bagian dari Bima Sakti, lalu Bima Sakti bagian dari Nebula.

Tata Surya bagian dari Bima Sakti, lalu Bima Sakti bagian dari Nebula.

Nebula bagian dari ......bagian dari GUCI

Nebula bagian dari ......bagian dari GUCI

peta guci di jagat raya

Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Perkasa atas segala sesuatu. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi. (Ali ‘Imraan : 189-190).

Al Mu’min 57. Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Fushshilat 11. Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa.” Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati.”

Sumber-sumber :
From file Amazing Universe.ppt by : quintiles

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar