Lempeng Tektonik Indonesia


E-mail
Indonesia saat iniBerita email yg mengkawatirkan bila di Forward.
" Sekedar isu atau bkn.. ga ada salahnya kalau kita berdoa...Menurut CNN,disiarkan 3 hari yang lalu bahwa lempeng bumi di australia sedang bergerak ke utara menuju asia.diperkirakan bisa bertubrukan dengan lempeng bumi di selatan pulau jawa.Diperkirakan 11 hari setelah gempa jogja, atau rabu besok(7 juni) akan ada gempa dahsyat dan memungkinkan terjadinyatsunami.Mohon doanya n plis forward ke temen-temen laen, jagan sampai putus di tangan kamu...... "
Lempeng Australia bergerak mendekati Jawa sudah terjadi sejak 50juta tahun yang lalu. Ya 50 juta tahun yang lalu !! Kecepatan reratanya memang 6-7cm/tahun. Jadi kejadian pergerakan lempeng itu bukan baru-baru ini saja. Nah kalau disebutkan sedang bergerak ya jelas aja wong sudah lama juga begitu kok.
Nah dibawah ini saya cantumkan urutan peta jadul (jaman dulu), tapi bukan jaman kakek nenek, ini peta hasil rekonstruksi geologi yg dibuat Oleh Robert Hall dari Royal Halloway - University of London. Indonesia 50 juta tahun yang lalu:
Indonesia 50 juta tahun lalu
Indonesia 40 juta tahun yang lalu:
 Indonesia 40 juta tahun yang lalu
Indonesia 30 juta tahun yang lalu:
 Indonesia 30 juta tahun yang lalu
Indonesia 20 juta tahun yang lalu:
 Indonesia 20 juta tahun yang lalu
Indonesia 10 juta tahun yang lalu:
 Indonesia 10 juta tahun yang lalu
Indonesia saat ini :

 Indonesia saat ini
 Nah peta-peta jadul diatas sudah meyakinkan semua ahli kebumian bahwa pergerakan plate (kerak-kerak bumi) ini sudah terjadi sejak dahulu. Jadi bukan hanya baru-baru ini saja, apalagi bergerak akibat gempa kemaren, ya jelas bukan lah yaw. Itulah sebabnya muncul gunung api dan juga terbentuknya patahan-patahan di muka bumi terutama di Pulau Jawa bagian selatan dan juga bagian barat Pulau Sumatra, ini semua akibat gerakan lempeng-lempeng atau kerak-kerak ini.

Bagaimana dengan ramalan 11 hari itu ?
Lah kalau cuman ada yang bilang bahwa besok ada gempa dibumi ini ya jangan kaget. Wong seluruh bumi ini mengalami gempa kekuatan 5SR setiap hari, hanya saja tempatnya berpindah-pindah. Dan urutannya terlihat acak tak beraturan.Nah yg lebih krusial angka 11 hari ini .... darimana angkanya ? Tetapi bahwa kita harus tetep waspada itu sudah seharusnya sejak lahir. Karena Indonesia (terutama Sumatra dan Jawa) merupakan "disaster prone area" - daerah yg selalu akan mengalami bencanaa alam gempa dan tsunami utk pantai selatannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar