Kajian Obyek Material Geografi dalam kaitannya dengan Kehidupan Sehari-hari

1. Gejala pada Atmosfer
Antara lain sebagai berikut:
Terjadi perubahan musim.
Akibat yang berpengaruh adalah pada musim penghujan, para petani mulai menggarap lahannya.
Bisa juga berpengaruh pada jenis pakaian yang digunakan penduduk, misalnya di daerah beriklim dingin, pakaian yang digunakan tebal-tebal.Bisa juga berpengaruh pada jenis pakaian yang digunakan penduduk, misalnya di daerah beriklim dingin, pakaian yang digunakan tebal-tebal.

2. Gejala pada Hidrosfer
Antara lain sebagai berikut:
Besar kecilnya air limpasan, selain dipengaruhi oleh besar dan lamanya hujan juga dipengaruhi oleh penggunaan lahan oleh manusia. Bila perbukitan yang seharusnya dijadikan tempat peresapan air, dijadikan untuk permukiman, atau kegiatan pertanian yang tidak memperhatikan pelestariannya, maka air limpasan semakin banyak. Air limpasan yaitu air yang mengalir di permukaan tanah (run off).
Besar kecilnya cadangan air tanah dipengaruhi banyak sedikitnya peresapan air ke dalam tanah. Hal ini dipengaruhi oleh jenis batuan dan jenis penutup lahan. Cadangan air tanah juga dipengaruhi oleh cara manusia memanfaatkannya. Bila manusia memanfaatkan air tanah secara boros, maka ketersediaannya akan cepat habis.

3. Gejala pada Lithosfer
Antara lain sebagai berikut:
Untuk mengurangi tingkat erosi, pemanfaatan lahan di daerah miring dilakukan dengan membuat sengkedan (terrasering).
Supaya tidak terjadi penurunan daya dukung lahan, maka harus diupayakan pemanfaatan lahan dengan memperhatikan kemampuan lahannya.
4. Gejala pada Biosfer
Keanekaragaman flora dan fauna menyebabkan keanekaragaman konsumsi bahan pangan. Pada daerah penghasil padi penduduk makan nasi dari beras, pada daerah gandum menggunakan terigu sebagai bahan untuk membuat makanannya. Keberadaan hewan juga demikian, contoh orang Thailand menggunakan gajah untuk membantu pekerjaannya, sedangkan di Indonesia penduduk memanfaatkan kuda, sapi dan kerbau. Hal ini disebabkan karena keberadaan dari hewan-hewan itu.
5. Gejala pada Antroposfer
Manusia di permukaan bumi beragam adat dan budayanya, hal ini mengakibatkan interaksi antara penduduk yang berbeda. Penduduk mempunyai keahlian yang berbeda-beda pula sehingga terjadi saling membutuhkan. Penduduk juga menempati tempat yang berbeda-beda kondisi alam dan sumberdayanya, hal ini menyebabkan kehidupannya juga menjadi beragam karena memanfaatkan alam yang berbeda perlu pengolahan dan alat yang berbeda pula.
Jadi perlu Anda ingat, ruang lingkup geografi secara umum adalah sama luasnya dengan objek studi yang menjadi kajian geografi, yaitu meliputi semua gejala geosfer baik gejala alam maupun gejala sosial serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya.

Setelah Anda membaca uraian di atas, cobalah Anda tuliskan gejala-gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk ke dalam objek materi dan ilmu penunjang lainnya. Jangan lupa sertakan gambar/guntingan gambar dari koran atau majalah. Gunakan format berikut!


No.
1
Gejala-gejala
Geografi
2
Ilmu penunjang
Geografi
3
Gambar
1.    
2.   Meteorologi  
3. Danau/laut    
4.    
Sebelum Anda melanjutkan ke materi berikutnya, cobalah cocokkan jawaban Anda dari latihan 2.
Latihan
No.
1
Gejala-gejala
Geografi
2
Ilmu penunjang
Geografi
3
Gambar
1. Interaksi antara
Hewan
dan tumbuhtumbuhan.
Ekologi
2. Awan Meteorologi
3. Danau/laut Hydrologi
4. Teras Tangga
(Terrasering)
Agronomi
Kalau Anda melihat materi ataupun latihan di atas, tentu Anda dapat menyimpulkan bahwa kehidupan kita tidak lepas dari lingkungan kita. Maka bisa kita katakan bahwa manusia dapat dipengaruhi atau mempengaruhi lingkungan. Sekarang Anda sudah semakin memahami tentang pengertian dasar pengetahuan geografi dan marilah kita lanjutkan pada kajian obyek formal.

4 komentar: