KOMODO & KELIMUTU

ekspedisi menuju sebuah keajaiban dunia
 
http://www.coraltrianglecenter.org/images/kmd2.jpg
 

 
Taman Nasional Komodo luasnya mencapai 173 . 300 ha, Meliputi daratan seluas 40.728 ha dan perairan mencakup 32 . 572 ha.

Tiga pulau besar mendominasi daratan yaitu Pulau Komodo ( 33.937 ha. ), Pulau Rinca ( 19.625 ha. ) dan Pulau Padar ( 2.017 ha). Bentuk daratan bergelombang meencapai puncaknya pada ketinggian 735 m, di Gunung Satalibo.
 
 
http://de.geocities.com/holdi2309/indonesien/Rinca.jpg
 
pulau rinca - Taman Nasional Komodo
 
 
Beriklim kering , curah hujan rata – rata tahunan antara 50 – 60 cm . Musim hujan bulan Desember – Maret.

Berdasarkan pengamatan diketahui ada 80 jenis Flora dan 300 jenis Fauna di darat. Di perairan diperkirakan terdapat jenis ikan 734 , Species Karang 260 , Species Alga 104 , Species Spoge 70 , Species dan Bakau 19 Species.

KOMODO “ the dragon
 
 
The image
“http://nature.ca/notebooks/images/komodo.gif” cannot be displayed, because it contains errors.
 

 
 
Satwa Komodo adalah Reptil darat terbesar yang tersisa di Dunia . Bahasa setempat menyebut satwa ini dengan - Nama “ ORA “ ., , ORA hanya di temukan di Taman Nasional Komodo dan di Flores bagian barat , panjangnya bisa mencapai panjang 3 m dan berat mencapai 90 kg. Ora bertelur dan di letakan pada sarang hingga 8 – 9 bulan, kemudian menetas. Ora kecil hidup pada dahan/ranting pohon dengan memangsa tokek , telur burung dan insekta lainnya . Ora tua terlalu berat untuk memanjat. Ora tua adalah pemakan bangkai, makan dengan cara mengoyak dan menelan buruannya, tanpa mengunyah.
 

 
Tempat menarik untuk di kunjungi.

 

 

LOH BUAYA – pulau rinca

 
http://www.wildsidephotography.ca/Flores/23287m.jpg

 
Berada di pulau Rinca , pengunjung dapat menikmati areal d sekitar Loh Buaya dengan melihat kerbau liar, Komodo dan Kuda liar . Satwa tersebut sering di jumpai oleh pengunjung bila melakukan perjalanan menjelajah Kawasan / trekking. Beberapa jenis burung , dapat di jumpai di wilayah ini, menurut pengamatan yang di lakukan pada tahun 1995,
di temukan 58 jenis burung.

Rusa muda juga banyak dijumpai di Wilayah Loh Buaya, di samping kera ekor panjang yang penyebarannya di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo hanya berada di P. Rinca.

Tersedia dua jalan melingkar untuk menikmati potensi Flora dan Fauna , termasuk pemandangan yang indah melalui puncak Bukit Loh Buaya dapat di capai melalui Pelabuhan Bajo dengan menyewa kapal motor masyarakat, baik dengan charter ataupun secara rombongan.

Bila Wisatawan ingin tinggal di Loh Buaya tersedia penginapan yang di kelola oleh Koperasi Karyawan Taman Nasional Komodo, Cafetaria dengan menu terbatas juga tersedia di Loh Buaya.

LOH LIANG – pulau komodo

 
http://www.komododragon.biz/uploads/images/DRW_Images_233Px/SusanStorm5.jpg
 
 
 
Berada di P. Komodo sebagian besar pengunjung mendatangi Loh Liang. Beberapa Fasilitas yang tersedia di tempat ini :

Pondok wisata , Pusat Informasi , Cafetaria , Dermaga , Aula/ Ruang rapat , Dive Shop, Glass Bottom boat

Jalan trekking yang ada adalah
Loh Liang – Banunggulung 2 Km
Loh Liang – Sabita 9 Km
Loh Liang – Poreng 7 Km
Loh Liang – Gunung Ara 8,5 Km

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar