Perairan Laut

Dari Belajar Geografi

Langsung ke: navigasi, cari
Wilayah perairan dibedakan menjadi Perairan Darat dan Perairan Laut. Perairan Laut adalah wilayah permukaan bumi yang tertutup oleh air asin. Perairan laut dari pantai sampai ke dasar laut sampai ke dasar laut. Ilmu yang mempelajari tentang keadaan lautan disebut oceanografi. Luas laut dibandingkan dengan daratan adalah 7 : 3.

Daftar isi

[sembunyikan]

Klasifikasi Laut

Laut dapat di klasifikasikan berdasarkan :

Menurut terjadinya

Laut menurut terjadinya dibedakan menjadi :
  1. Laut Transgresi
    Laut yang meluas, terjadi karena daratan rendah yang tergenang oleh air laut. Pada perairan Indonesia terdapat dua wilayah yang merupakan termasuk laut transgresi yakni Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

  2. Laut Ingresi
    Laut yang dalam, terjadinya karena dasar laut mengalami penurunan. Pada perairan Indonesia laut - laut yang merupakan jenis laut ingresi adalah: Laut Banda (kedalaman 7.440 meter), Laut Maluku, Laut Flores, Laut Sulawesi. Di luar Indonesia perairan laut yang merupakan jenis laut ingresi adalah: Laut Jepang (kedalaman 4.000 meter), Laut Karibia (kedalaman 5.505 meter).

  3. Laut Regresi
    Laut yang menyempit, terjadinya karena menyempitnya luas permukaan laut karena kegiatan erosi dan sedimentasi yang tiada henti-hentinya serta berlangsung selama berabad-abad mengakibatkan semakin meluasnya dataran pantai. Pada perairan Indonesia

Menurut kedalamannya

Laut menurut kedalamannyanya dapat dibedakan menjadi beberapa zona :
  1. Zona pesisir (littoral zone)
    Wilayah laut antara garis batas air pasang naik dengan garis batas air pasang surut. Wilayah ini tergenang pada saat pasang naik sedangkan pada surut wilayah ini tidak tergenang air laut.

  2. Zona laut dangkal (neuritic zone)
    Wilayah laut yang dangkal antara batas pasang surut sampai kedalaman 200 meter. Zona ini kaya akan ikan dan tumbuh-tumbuhan laut, karena masih terdapat sinar matahari yang menyebabkan fotosintesis dapat berjalan baik (matahari dapat menembus air laut hingga kedalaman 90 meter). Pada zona ini pula plankton dapat tumbuh dengan subur karena terdapat banyak oksigen, dan masih terdapat ombak yang menyebabkan tersebarnya plankton sebagai makanan utama ikan.

  3. Zona laut dalam (bathyal zone)
    Wilayah laut yang dalam dengan kedalamannya antara 200 meter hingga kedalaman 1.000 meter. Karena sinar matahari sudah tidak dapat menembus zona ini maka tumbuhan mulai berkurang namun binatang masih banyak terdapat di wilayah laut ini.

  4. Zona laut sangat dalam (abyssal zone)
    Wilayah laut yang kedalamannya lebih dari 1.000 meter, zona ini merupakan zona yang sangat gelap sehingga sudah tidak terdapat lagi tumbuh-tumbuhan yang dapat hidup, namun masih ada binatang - binatang yang dapat hidup pada wilayah yang memiliki organ yang dapat menimbulkan cahaya sendiri.

Menurut letaknya

Laut menurut letaknya, laut diklasifikasikan menjadi:
  1. Laut tepi
    Laut yang terletak di tepi benua dan dipisahkan dari samudera oleh pulau-pulau. Perairan laut yang termasuk ke dalam klasifikasi laut tepi antara lain : Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Utara

  2. Laut tengah
    Laut yang terletak diantara benua - benua. Perairan laut yang termasuk ke dalam klasifikasi laut tengah antara lain : Laut tengah, Laut Australia, Laut Karibia, Teluk Meksiko.

  3. Laut pedalaman
    Laut yang hampir seluruhnya di kelilingi dengan daratan. Perairan laut yang termasuk ke dalam klasifikasi laut pedalaman antara lain : Laut Baltik, Laut Hitam, Laut (Danau) Kaspia.



Morfologi Dasar Laut

Morfologi dasar laut terdiri atas :

Landas Kontinen (Continental Shelf)

Wilayah laut yang dangkal disepanjang pantai yang kedalamannya kurang dari 200 meter dengan sudut kemiringan lereng kira-kira 0,4%

Dangkalan (Plat)

Merupakan perluasan dari landas kontinen dengan kedalam lebih kurang 200 meter dan masih merupakan kelanjutan benua.

Lereng Benua (Continental Slope)

Merupakan kelanjutan dangkalan dengan sudut kemiringan lereng 4% hingga 6%

Dasar Samudera (Ocean Floor)

Dasar Samudera terdiri atas,
  1. Dasar Samudera Landai (Deep Sea Plain)
    Dasar laut dengan kedalaman lebih dari 1000 meter, bentuk dasar laut landai.

  2. Laut Dalam (The Deeps)
    Dasar laut dalam yang berbentuk palung laut.

- Relief Dasar Samudera

Relief Dasar Samudera (Ocean Floor) membentuk pola dasar samudera dengan berbagai macam tipe, yakni:
  1. Gunung Laut
  2. Gunung Dasar Laut
  3. Guyot
  4. Punggung Laut
  5. Ambang Laut (Drempel)
  6. Lubuk Laut (Bekken / Basin)
  7. Palung Laut (Trog)

- Pengukuran Kedalaman Laut

Pengukuran Kedalaman Laut dapat dilakukan dengan mudah. Para ahli oceanografi mengukur kedalaman laut / samudera dengan menggunakan cara :
  1. Draad Louding
  2. Echo Louding


Susunan Sifat Air Laut

Suhu Air Laut

Suhu Air Laut pada Perairan Indonesia yang terletak di daerah tropik, maka hampir sepanjang tahun suhu lapisan permukaan air lautnya tinggi, berkisar 26° C - 30° C. Perubahan temperatur (amplitudo) air laut, kecil karena air laut lambat menjadi panas dan lambat menjadi dingin. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:
  1. Air laut selalu bergerak sehingga panas yang diterimanya dijalarkan dan disebar kemana-mana.
  2. Permukaan air laut bertindak sebagai cermin sehingga panas matahari yang diterimanya dipantulkan kembali. Sedangkan panas yang diterima air sebagian digunakan untuk penguapan.
  3. Pada malam lambat menjadi dingin karena:
    - Uap air di atas permukaan air laut yang telah menjadi dingin menghalangi pelepasan panas.
    - Permukaan air laut yang mengkilat menghalangi pelepasan panas.

Suhu air laut makin ke dalam makin turun temperaturnya, pada kedalaman lebih kurang 4.000 meter, temperaturnya antara 1° C - 2° C.

Kadar Garam Air Laut (Salinitas)

Kadar Garam Air Laut (Salinitas) adalah banyaknya garam (dalam gram) yang terdapat pada 1 kilogram air laut. Kadar garam tersebut dinyatakan dalam persen (%) atau permil (0/00).
Tinggi rendahnya kadar garam pada air laut sangat tergantung kepada banyak sedikitnya :
  1. Penguapan
  2. Sungai yang bermuara ke laut tersebut
  3. Curah hujan
  4. Pemasukan air dari samudera di sekitarnya.
  5. Air yang berasal dari gletser

Kepadatan

Kepadatan air laut adalah 1,026 - 1,028. Jika dibandingkan dengan air murni, air laut memiliki kepadatan yang lebih besar karena mengandung banyak garam-garaman.

Tekanan

Tekanan air laut tidak sama besarnya pada kedalaman yang berbeda, makin dalam tingkat kedalaman laut maka makin besar tekanannya. Tekanan udara tiap m² permukaan air laut sebesar 10.000 kilogram harus diperhitungkan sebagai faktor penghitung dalam mengukur tekanan air laut. Berat untuk 1 meter³ air laut lebih kurang 1150 kilogram. Jadi tekanan air laut pada kedalaman 100 meter adalah: 100 x 1150 kg + 10.000 kg = 125.000 kg/m²


Materi lainnya mengenai Perairan Laut



Sumber Informasi

Data dan Informasi yang digunakan pada artikel ini berasal dari,
  1. Laut Nusantara (Anugerah Nontji). Bandung: Djambatan, 1993
  2. Panduan Belajar Geografi 1 (Drs. H. Abdul Rochim, dkk.). Jakarta: PT. Galaxy Puspa Mega, 1995

Tidak ada komentar:

Posting Komentar