Antroposfer

Memahami piramida penduduk yang ada, seperti stasioner, ekspansif dan konstruktif tidak hanya dilihat dari bentuknya saja. tetapi dilihat dari makna tiap komposisi penduduk yang ada didalamnya. seperti pada gambar berikut.

Dari tiga piramida di atas, dapat dilihat berapa perbandingan jumlah penduduk wanita dan laki-laki dari umurnya dan juga untuk mengetahui angka ketergantungan penduduknya (depedency ratio).

  1. Piramida Stasioner, seperti pada gambar paling kanan. Perbandingan jumlah penduduk pada piramida tipe ini dilihat dari kelompok usia relatif sama. memiliki angka kematian dan kelahiran yang rendah. biasanya terdapat di negara-negara Eropa seperti Jerman.
  2. Piramida Ekspansif, seperti pada gambar paling kiri. Pada piramida tipe ini dilihat dari kelompok usia didominasi oleh usia muda. memiliki angka kelahiran yang tinggi, dengan angka ketergantungan yang tinggi pula. Biasanya terdapat di negara-negara berkembang di Asia seperti Indonesia dan Malaysia
  3. Piramida Konstruktif, seperti pada gambar yang tengah. Pada piramida tipe ini kelompok usia muda relatif lebih sedikit dibanding kelompok usia tua. Memiliki angka kematian yang rendah dengan angka  kelahiran yang turun dengan cepat. Biasanya terdapat di negara-negara Jepang dan Swedia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar