Keadaan Geografi Arab Saudi

Posted by Astutiningsih under Geografi Leave a Comment  Arab Saudi, dengan luas wilayah sekitar 865.000 mil2, menduduki semenanjung Arab. Secara kasar, ukurannya sepertiga dari Amerika Serikat, dan sama dengan Eropa Barat. Arab Saudi berada di persimpangan antara tiga Benua yaitu Eropa, Asia, dan Afrika. Wilayah Arab Saudi terbentang dari Laut Merah di sebelah barat, dan Teluk Arab di sebelah timur. Sebelah utara berbatasan dengan Yordania, Iraq dan Kuwait. Di sebelah selatan Arab Saudi berbatasan dengan Yaman dan Kesultanan Oman. Sedangkan sebelah Selatan berbatasan dengan Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain.
Rentangan tanah di Arab Saudi bervariasi, namun kebanyakan tandus dan kasar dengan batu kerikil yang datar dan bukit pasir. Namun danau dan sungainya sangat sedikit. Di bagian selatan ada Rubh Al Khali, padang pasir terluas di dunia. Di bagian barat daya ada pegunungan di Propinsi Asir dengan ketinggian 9000 kaki.

Arab Saudi terletak di antara 15°LU – 32°LU dan antara 34°BT – 57°BT. Luas kawasannya adalah 2.240.000 km². Arab Saudi merangkumi empat perlima kawasan di Semenanjung Arab dan merupakan negara terbesar di Asia Timur Tengah. Permukaan terendah di sini ialah di Teluk Persia pada 0 m dan Jabal Sauda pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal sebagai sebuah negara yang datar dan mempunyai banyak kawasan gurun. Diantara gurun yang terkenal ialah di selatan Arab Saudi yang dipanggil “Empty Quarter” (dalam bahasa Arab Rub al Khali), kawasan gurun terluas di dunia. Namun demikian, di bagian barat dayanya terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau.


Data lainnya
Wilayah
Total : 1,960,582 km2
Tanah : 1,960,582 km2
Perairan : 0 km2

Batasan
Total : 4,431 km
Negara yang berbatasan : Iraq 814 km, Jordan 744 km, Kuwait 222 km, Oman 676 km, Qatar 60 km, UAE 457 km, Yemen 1
,458 km

Wilayah Maritim
Laut Teritorial : 12 nm
Wilayah yang berbatasan : 18 nm
Pulau karang : tidak ada spesifikasi

Ketinggian
Titik tertinggi : Teluk Persia (0 m)
Titik terrendah : Jabal Sauda (3.133 m)

Sumber Daya Alam : Minyak, Bijih besi, Gas Alam, Tembaga

Tanah yang digunakan
Tanah subur : 1.67%
Tanah Pertanian : 0.09%
Lain-lain : 98,24% (2001)
Tanah Irigasi : 16,200 km2 (1998)
Bahaya alam : Badai Pasir
Isu Lingkungan :
Pengurangan sumber air bawah tanah; berkurangnya air sungai yang ada sepanjang tahun atau air permanen yang dipompa dari desalinasi, desertifikasi, dan tumpahan minyak sepanjang pantai

Perjanjian Internasional mengenai lingkungan
Biodiversity, Perubahan Iklim, Protokol Kyoto, Desertification, Endangered Species, Bahaya Sampah, Hukum Laut, Perlindungan Lapisan Ozon.
Perjanjian yang ditandatangani tapi tidak diratifikasi : Tidak ada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar