ATMOSFER


Posted by meyka
atmosphere-couche_f Bumi Kita ini, diselubungi oleh atmosfer. Atmosfer merupakan lapisa
n udara yang berlapis – lapis, dan setiap lapisnya mempunyai fungsi masing – masing. Atmosfer mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di muka bumi, yaitu cuaca dan iklim. Perubahan atmosfer Bumi, dapat mempengaruhi perubahan cuaca dan iklim dan dapat bagi makhluk hidup di Bumi.
Atmosfer terdiri atas berbagai campuran gas yang dipengaruhi dan terikat oleh gravitasi Bumi. Ketebalan lapisannya diperkirakan 1000 km dari permukaan Bumi. Komposisi gas-nya yaitu 78% nitrogen dan 21% oksigen. Dan gas lain dengan jumlah sangat sedikit : karbon dioksida (CO2), Argon (Ar), Neon (Ne), dan uap air (H2O). Keberadaan uap air, sangat berpengaruh terhadap cuaca dan iklim. Di daerah tropis, konsentrasi uap air sekitar 4%. Sedangkan di daerah kutub, konsentrasi uap air sngat sedikit, bahkan hamper tidak ada.
Berdasarkan profil temperature secara vertical, lapisan – lapisan atmosfer di bagi menjadi :
1. TROPOSFER ( 0 – 10 Km)
Merupakan atmosfer terbawah dan dekat dengan Bumi. Pada lapisan ini, terjadi adanya awan, angin, hujan ,petir, dan lain – lain.
2. STRATOSFER ( 10 – 50 Km)
Pada lapisan ini, terjadi peningkatan temperature karena bertambahnya ketinggian. Ozon (O3) terdapat pada lapisan ini dengan ketinggian 25 Km dari permukaan Bumi.
3. MESOSFER (50 – 85 Km)
Lapisan ini mempunyai ion atau udara yang bermuatan listrik (Lapisan D) yang berfungsi untuk memantulkan gelombang radio. Karena adanya muatan listrik tersebut, Kita dapt berkomunikasi dengan orang lain di luar negri.
4. TERMOSFER (80 – 500 Km)
Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bumi dari meteor dengan cara membakarnya. Hal ini disebabkan karena lapisan atmosfer mempunyai atom yang bermuatan listrik atau terionisasi radiasi matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar