gambar proyeksi-proyeksi peta oleh kartografer


Berikut ini adalah gambar-gambar proyeksi peta yang dibuat oleh para ahli kartografer..



Ini adalah proyeksi peta dunia yang dibuat oleh seorang kartografer dan ahli astronomi dan matematika, bernama Karl/Carl Brandan Mollweide (1774 – 1825) pada tahun 1805.
______________________________________________________________

Berikut, adalah sebuah proyeksi peta dunia yang berbentuk hati, yang dibuat oleh seorang kartografer, bernama Oronce Finé, atau disebut juga Orontius Finnaeus. Selain proyeksi peta dunia, ia juga membuat sebuah proyeksi peta benua ke 6, yaitu antartika.
Proyeksi peta antartika, pada gambar ke:
Gambar 1 – Peta Oronteus Finaeus tahun1532 di belahan bumi selatan
Gambar 2 – Oronteus Finaeus menggambar kembali proyeksi modern peta kutub itu
Gambar 3 – Peta modern Antarctica
Peta ini ditemukan di Perpusatakaan Congress, Washington DC di tahun 1960 oleh Charles Hapgood. Bertuliskan “ digambar oleh Oronteus Finaeus tahun 1531”. Hampir sama persis dengan pemetaan Piri Reis, Antarctica ditunjukkan dengan es yang bebas mengalir seperti sungai, pola pengeringan dan coastline.
Peta Oronteus Finaeus lebih akurat dibanding peta yang lain pada waktu itu. Sesungguhnya, lebih akurat dibanding peta manapun yang dibuat sampai ke tahun 1800.












Ini adalah proyeksi peta oleh Arno Peters, seorang sejarawan amatir, membuat sebuah peta berdasarkan pada proyeksi ortografis milik James Gall pada tahun 1967 dan mempublikasikannya pada tahun 1973 sebagai "penemuan baru."


Ini adalah sebuah proyeksi peta Werner. Ini adalah proyeksi peta tipe equal area berbentuk hati, mirip dengan proyeksi peta milik Finaneus diatas. Proyeksi peta ini kadang-kadang juga disebut proyeksi Stabius-Werner/Stab-Werner. Nama dari proyeksi peta dunia ini, diambil dari nama 2 orang, yaitu Johannes Werner (1466 – 1528), dan versi yang lebih baik dari proyeksi peta ini, dikeluarkan dan dipromosikan oleh Johannes Stabius (Stab) sekitar tahun 1500.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar