Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source

 May 18th, 2010 by EdyPurnomo.net Leave a reply »


World Agroforestry Centre (ICRAF) telah menerbitkan dua buah buku tentang SIG dan PJ dalam format PDF yang bisa di download gratis. Buku yang pertama adalah ” Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source ” dan buku kedua adalah ” Analisa Spasial Untuk Perencanaan Wilayah Yang Terintegrasi Menggunakan ILWIS Open Source “.
ICRAF melalui project Rebuilding Green Infrastructure (ReGrIn) bekerjasama dengan Bappeda Aceh Barat telah melakukan pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh (PJ) menggunakan software open source ILWIS untuk pengelolaan sumber daya alam (SDA). Kedua buku yang di terbitkan ini merupakan materi pelatihan tersebut. Materi  dibagi menjadi dua; buku pertama bertujuan memberikan bekal teknis dasar PJ dan SIG, sedangkan buku kedua lebih diarahkan kepana aplikasi PJ dan SIG untuk perencanaan tata ruang dan pengelolaan bentang lahan berbasis SDA.
Dalam buku pertama ” Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source “  dimulai dengan konsep-konsep dasar yang diikuti dengan pengenalan perangkat lunak ILWIS, yang merupakan perangkat lunak remote sensing dan sekaligusopen source GIS. Bab 4 dan 5 mencakup tentang input dan output data dari sistem lain ke ILWIS maupun sebaliknya. Proses penyiapan citra untuk pengolahan berikutnya (pra-pengolahan) dibahas dalam bab 6 dan 7. Pengolahan citra satelit, dalam hal ini interpretasi citra menjadi kelas-kelas sesuai kebutuhan kita, dituangkan dalam bab 8 dan 9. Bab terakhir secara singkat memberikan beberapa contohanalisa lanjutan berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengolahan citra.
Buku kedua ” Analisa Spasial Untuk Perencanaan Wilayah Yang Terintegrasi Menggunakan ILWIS Open Source “  dimulai dengan prinsip-prinsip dasar perencanaan dengan berbagai  spatial analysis yang diperlukan untuk proses perencanaan (bab 3 – 8). Bab-bab berikutnya akan membahas tentang tahapananalisa dalam proses perencanaan dan beberapa studi kasus yang dirangkai berdasarkan tahapannya. Data, contoh dan studi kasus diambil dari materi pelatihan Aceh Barat, akan tetapi teknik, tahapananalisa dan skenario serta permasalahan mewakili keadaaan sebagian besar wilayah rural di Indonesia.
Buku disusun oleh : Andree Ekadinata, Sonya Dewi, Danan Prasetyo Hadi, Dudy Kurnia Nugroho, dan Feri Johana dari ICRAF. Kedua buku tersebut bisa di download melalui link di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar